3 Penyakit yang Bisa Diderita Akibat Dari Pencemaran Udara

Yang namanya pencemaran sudah pasti akan membawa dampak buruk pada kita. Salah satu dampak buruk yang pasti akan ditimbulkan adalah penyakit. Makanya kebersihan memang sangatlah penting agar kita bisa terhindar dari yang namanya penyakit.

Pencemaran udara memang sangat banyak terjadi di tempat – tempat yang banyak kendaraan dan industrinya. Jelas memang saat ini saja pertumbuhan kendaraan sangat tinggi.

Bisa dilihat saat sudah masuk jam berangkat dan pulang kerja dimana terjadi penumpukan kendaraan yang membuat macet dan polusi udara yang sangat mengganggu pernapasan.

Nah ketika banyak polusi udara yang terhirup oleh pernapasan kita, maka sudah pasti akan banyak penyakit yang bisa ditimbulkan. Berikut ini adalah beberapa contoh penyakit yang bisa ditimbulkan oleh pencemaran udara :

  1. Asma

Salah satu penyakit yang bisa ditimbulkan oleh polusi udara adalah asma. Penyakit ini timbul akibat dari peradangan paru – paru karena udara kotor yang terhirup.

Gejala yang ditimbulkan penderita asma ini adalah sesak napas, suara berderak saat bernapas, dan juga batuk kering dan juga penyempitan pada otot dada.

Dianjurkan untuk selalu menggunakan masker saat berpergian keluar.

  1. ISPA

Selanjutnya adalah infeksi saluran pernapasan juga yang bernama ISPA. Penderita ISPA ini sudah pasti akan kesulitan untuk bernapas. Organ yang diserang oleh penyakit ini adalah tenggorokan, hidung dan juga paru – paru.

Perlu kamu ketahui bahwa penyakit ISPA ini bisa menular pada orang – orang yang memiliki kekebalan tubuh yang rendah.

  1. Paru – paru basah

Selanjutnya juga adalah penyakit yang menyerang paru – paru. Penyakit paru – paru basah ini menyebabkan pembengkakan pada paru – paru.

Penderita paru – paru basah sangat tidak dianjurkan untuk keluar malam menggunakan roda dua hal karena karbon dioksida yang sangat tinggi di malam hari.

Gejala yang ditimbulkan adalah demam, batuk, kesulitan napas. Paru – paru basah juga tidak mengenal usia. Berbagai usia bisa diserangnya.

Itulah ketiga penyakit yang bisa ditimbulkan karena efek dari pencemaran udara. Jadi, untuk saat ini yang bisa kita lakukan adalah selalu menggunakan masker ketika di jalanan, dan mulai biasakan naik kendaraan umum agar debit kendaraan di jalan bisa berkurang.