Ini dia Cara yang Bisa Dilakukan Untuk Mengurangi Sampah Elektronik

Ini dia Cara Yang Bisa Dilakukan Untuk Mengurangi Sampah Elektronik

Jumlah sampah elektronik memang semakin bertambah setiap tahunnya. Bahkan dari data yang diberikan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan pada tahun 2014, tercatat ada 19.300 ton sampah elektronik yang dimana jumlah ini hanya berasal dari industri besar saja, belum termasuk data dari sektor rumah tangga dan industri kecil-kecilan.

Berikut ini beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengurangi sampah elektronik, supaya tidak semakin menumpuk :

  1. Mengurangi pembelian alat elektronik yang tidak terlalu penting atau bukan prioritas. Selain akan mengurangi calon sampah elektronik, hal ini pun akan mengajarkan kita untuk membelanjakan uang untuk kebutuhan yang lebih tepat.
  2. Jangan membeli handphone baru kalau yang lama tidak rusak ya. Kebanyakan dari kita karena sudah ada model handphone yang lebih baru dan canggih, akan menggantinya dengan yang baru. Padahal handphone yang lama pun masih bagus dan berfungsi dengan baik.
  3. Belilah produk yang bisa diupgrade dengan mudah. Meskipun mungkin harganya akan lebih mahal tapi jika memiliki daya tahan yang lebih lama dan lebih baik, kenapa tidak. Apalagi kalau produknya bisa diupgrade secara partisi sehingga jika ada teknologi terbaru kita hanya mengganti sebagian saja.
  4. Memilih baterai yang bisa diisi ulang. Meskipun harganya sedikit lebih mahal, tapi memiliki daya tahan yang lebih lama dan yang terpenting ialah bisa mengurangi limbah baterai sekali pakai yang akan mencemari lingkungan.
  5. Mengolah sampah elektronik yang dihasilkan dengan ramah lingkungan. Saat ini memang sudah banyak bermunculan perusahaan untuk mengolah sampah elektronik dan mau menerima elektronik secara personal.

Seperti yang kita ketahui kalau di dalam elektronik ada berbagai bahan berbahaya yang jika dibuang langsung ke lingkungan akan sangat berbahaya untuk lingkungan. Selain dikurangi penggunaannya, sebisa mungkin elektronik pun diolah dengan cara yang benar sebelum dibuang ke lingkungan.

Semoga dengan ulasan ini bisa menyadarkan kita mengenai bahaya yang ada dari sampah elektronik dan bisa mengurangi penggunaannya ya.