Masalah Sampah, Harus Ada Cara Yang Efektif Untuk Menanganinya

Masalah Sampah, Harus Ada Cara Yang Efektif Untuk Menanganinya

Semakin bertambahnya jumlah penduduk di suatu daerah, tentu akan berdampak pada meningkatnya jumlah sampah. Masyarakat perkotaan di Indonesia rata-rata bisa menghasilkan 0,5 kg sampah setiap harinya.

Tidak terbayangkan jika 5 sampai 10 tahun ke depan kondisi sampah bisa sebanyak apa, bisa-bisa kita hidup di atas tumpukan sampah, jika sampah tidak dikelola dengan baik.

Sudah sangat banyak kegiatan yang digalangkan untuk mengurangi jumlah sampah, salah satunya ialah yang dilakukan oleh komunitas Uncle T-BOb yang mengajak masyarakat untuk membudidayakan tidak membuang sampah secara sembarangan. Sederhana, karena sampah tidak akan ramah jika tidak dijamah.

Seperti sudah dijelaskan di atas, kalau rata-rata masyarakat perkotaan di Indonesia bisa memproduksi sampah 0,5 kilogram per harinya. Artinya akan ada peningkatan populasi di sebuah kota atau kawasan yang akan berbanding lurus dengan jumlah sampah yang dihasilkan.

Seperti contoh di kota Bandung yang memiliki populasi penduduk sekitar 2,7 juta jiwa dan sampah yang dihasilkan sekitar 1.500 sampai 1.800 ton sampah per harinya. Dari jumlah ini hanya 300 ton saja yang bisa diolah di bank sampah dijadikan bahan untuk kerajinan, kompos, dan sebagainya.

Sisanya diangkut ke pembuangan sampah akhir, berserakkan di sudut kota, hanyut di sungai, atau dibakar begitu saja.

Sudah seharusnya dimulai dari sekarang kita memiliki kesadaran untuk mengelola sampah dengan baik. Supaya pengelolaan sampah menjadi efektif dan menjadikan sampah bukan lagi sebuah barang buangan.

Tujuan dari dilakukannya pengelolaan sampah salah satunya ialah bisa meningkatkan kesehatan dari masyarakat, meningkatkan kualitas dari lingkungan, menjadikan sampah sebagai sumber daya. Pengelolaan sampah pun akan menjadi lebih efektif jika setiap keluarga memiliki kesadaran dan memilah setiap jenis sampah yang ada di rumah.

Di zaman sekarang ini jika sampah dikelola dengan baik, nantinya bisa menghasilkan pendapatan. Jika dibuang begitu saja bisa menyebabkan dampak negatif untuk lingkungan.

Jika sudah ada cara efektif yang dilakukan untuk menangani sampah maka diharapkan bisa mengurangi jumlah sampah setiap harinya secara bertahap.