Tips Berbisnis Kelinci Giant

Tips Berbisnis Kelinci Giant

Pada mulanya kelinci merupakan salah satu hewan liar yang sulit untuk dijinakkan. Kelinci mulai menjadi hewan peliharaan pada tahun 2000 yang lalu, dengan tujuan sebagai peliharaan, bahan makanan dan untuk hewan percobaan.

Hampir seluruh negara di dunia pasti memiliki peternakan kelinci. Ini karena hewan kelinci memiliki daya adaptasi tubuh yang tinggi. Sehingga kelinci dapat tumbuh di seluruh wilayah belahan dunia ini.

Manfaat yang dapat kita ambil dari beternak kelinci adalah bulu dan dagingnya yang banyak dicari orang. Selain itu kotoran kelinci juga bisa dimanfaatkan untuk pupuk. Sehingga melakukan bisnis kelinci german giant merupakan salah satu peluang bisnis yang besar.

Kelinci giant sendiri merupakan salah satu jenis kelinci yang sering diternakkan. Ini karena bentuk tubuhnya yang besar serta mudah adaptasi dan mudah untuk beranak pinak. Sehingga beternak kelinci jenis ini tentu akan sangat menguntungkan.

Hal yang perlu disiapkan bila ingin memulai bisnis kelinci giant adalah mempersiapkan tempat yang sesuai, membuat kandang, mendapatkan indukan yang berkualitas serta menyediakan pakan yang tepat.

Pertama kamu perlu tahu indukan kelinci giant yang berkualitas berdasarkan cirinya. Ciri kelinci giant sendiri memiliki warna bulu bermacam-macam, dengan bentuk tubuh yang besar dengan telinga yang lebar.

Perlu kamu tahu bahwa jenis kelinci satu ini masih jarang dijumpai di Indonesia. Sehingga bila ingin membudidayakannya kamu perlu mengawinkannya dengan jenis kelinci lainnya.

Berikutnya bila ingin melakukan bisnis kelinci giant, kamu perlu menyiapkan sarana serta berbagai perlengkapannya. Kamu perlu menyiapkan kandang yang pas untuk tempat berkembang biak, dengan sirkulasi udara lancar dan pencahayaan yang ideal selama 12 jam.

Agar dapat terhindar dari perkawinan dini sebaiknya kamu pisahkan kandang jantan dengan betina. Buatlah kandang dengan ukuran 200x70x70 cm dengan tinggi alas 50 cm dan muat untuk diisi 12 ekor betina atau 10 ekor jantan. Lalu persiapkan juga kandang anakan berukuran 50x30x45 cm.

Untuk kelinci betina sebaiknya kamu mulai dikawinkan ketika umurnya sekitar 5 bulan. Jika terlalu muda ini juga tidak baik untuk kesehatannya dan risiko kematian anaknya juga akan tinggi. Bila pejantan pertama kali kawin sebaiknya dipasangkan dengan betina yang sudah pernah beranak.

Itulah beberapa tips yang bisa kamu pelajari ketika ingin memulai bisnis kelinci giant. Semoga tips tersebut bisa bermanfaat bagi kamu. Dan bisnis kelinci giant kamu dapat meraih keuntungan yang besar.