Tips Mengatasi Saluran Air Mampet Dengan Garam Dan Cuka

Saluran air mampet dapat terjadi di saluran air mana saja, baik saluran pembuangan dapur, WC, kamar mandi, maupun wastafel.

Jenis penyumbatan ini ada dua, yaitu tersumbat sebagian dan tersumbat total, keduanya bisa menyebabkan genangan air.

Bila genangan air tersebut tidak segera ditangani dapat menyebabkan masalah yang lebih besar. Terlebih jika genangan air tersebut keluar dari pintu kamar mandi dan menggenangi lantai rumah dapat memberikan dampak yang baru, karena genangan air selalu menimbulkan bau yang tak sedap.

Jangan khawatir, Anda bisa mengatasi sendiri hal tersebut dengan membuat larutan untuk melancarkannya menggunakan garam dan cuka atau menggunakan jasa sedot WC Bintaro jika tidak cukup waktu.

Tips Mengatasi Saluran Air Mampet Dengan Garam Dan Cuka

Kombinasi garam yang abrasive dengan kekuatan pembersih dari cuka akan melancarkan sumbatan yang paling bandel sekalipun. Berikut tips mengatasi saluran air mampet dengan garam dan cuka:

  • Aduklah garam dan cuka

Tuang 1 gelas garam kedalam wadah kecil dan tambahkan satu gelas cuka, lalu aduk rata sampai garam menyerap ke seluruh cuka.

  • Tuangkan larutan ke dalam

Buka penutup saluran air, kemudian langsung tuangkan larutan ke dalam pipa. Penuhi seluruh saluran air mampet agar bagian yang tersumbat menyerap larutan.

Selanjutnya, diamkan hingga 15 menit agar bagian yang tersumbat menyerap larutan sebanyak mungkin dan untuk sumbatan yang membandel diamkan larutan selama 30 menit.

  • Bilas saluran dengan air mendidih

Masaklah dua gelas air di dalam panci. Kemudian tuangkan air langsung ke dalam saluran secara perlahan, agar air tidak balik dan melukai Anda.

Setelah itu dengan perlahan Anda juga bias mengarahkan air langsung ke dalam saluran dan bukan menghamburkannya ke seluruh bagian wastafel yang malah akan menyerap ke seluruh wastafel dan akan membuat air menjadi dingin sebelum mencapai bagian yang tersumbat.

Jika tips mengatasi saluran air mampet dengan garam dan cuka masih tersumbat ulangi langkah yang sama sampai saluran air yang mampet tidak menggenang. Selalu jaga saluran air Anda sebelum kamar mandi ataupun yang lain dapat menyebabkan genangan air.